SMKN 56 Jakarta Dominasi PLC Competition Universitas Mercu Buana

WARTAKAMPUS.COM: JAKARTA — Perwakilan SMKN 56 Jakarta mendominasi Lomba Programmable Logic Controller (PLC) yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana (UMB) di Gedung Tower Lantai 1, Kampus UMB Jakarta, Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (29/1/2017). 

Hasil penilaian dewan juri, SMKN 56 Jakarta meraih masing-masing juara satu, juara tiga dan juara harapan satu. Sedangkan SMKN 1 Jenangan, Ponorogo, Jawa Timur berhasil meraih juara dua, kemudian disusul SMKN 2 Palembang, Sumatera Selatan yang berhasil meraih juara harapan 2.

Pasangan Muhammad Robby dan Faisal Afsari Hidayattullah dari SMKN 56 Jakarta berhasil meraih juara satu; juara dua pasangan Endrika Decky M. dan Gheza Anandika P. dari SMKN Jenangan 1 Ponorogo, Jawa Timur; juara tiga pasangan Tri Cakra dan M. Al Qordowi dari SMKN 56 Jakarta; juara harapan satu pasangan Varian Pratama dan Rizki Cahyanyo dan juara harapan dua adalah pasangan Satrio Renggono dan Utari Liem Akesa dari SMKN 2 Palembang, Sumatera Selatan.

“Saya tidak menyangka bisa  juara satu, karena lawan-lawannya hebat-hebat,”kata Muhammad Robby, siswa SMKN 56 Jakarta kepada Cendana News, Minggu malam (29/1/2017).

Disebutkan, untuk dapat bersaing, ia dan rekannya mempersiapkan diri sejak tiga minggu yang lalu, bahkan setiap hari Sabtu selalu berlatih bersama di sekolah (SMKN 56 Jakarta).

“Impian saya tentu saja ingin mewakili Indonesia dalam kejuaran dunia PLC Competition semacam ini,” sebutnya.

Sementara itu, pasangan Muhammad Robby, Faisal Afsari Hidayatullah menyebutkan, tujuannya ikut lomba PLC Competition sebenarnya ingin belajar lebih dalam tentang PLC, kebetulan sekolahnya (SMKN 56 Jakarta) mengirimkan 10 wakilnya dalam perlombaan tersebut.

“Alhamdullilah saya terpilih, saya kemudian terus belajar tiap hari Sabtu bahkan sampai menginap, impian saya sama seperti teman saya, yaitu mengikuti kejuaran dunia hingga ke luar negeri, kemenangan ini merupakan modal berharga bagi saya,” katanya saat ditemui Cendana News di Kampus UMB Jakarta.

Sementara itu, untuk para pemenang mendapatkan berbagai hadiah dari penyelenggara. Pemenang juara satu masing-masing mendapatkan hadiah beasiswa gratis 100 persen kuliah di Kampus UMB Jakarta, medali emas dan uang tunai 2 juta Rupiah. Juara kedua masing-masing mendapatkan hadiah beasiswa 75 persen kuliah di Kampus UMB Jakarta, medali perak dan uang tunai 1,5 juta Rupiah. Juara tiga mendapatkan hadiah beasiswa 50 persen kuliah di Kampus UMB Jakarta, medali perunggu dan uang tunai 1 juta Rupiah.

Sedangkan juara harapan satu juga mendapatkan hadiah berupa potongan atau diskon apabila nantinya melanjutkan kuliah di Kampus UMB Jakarta dan uang tunai 800 ribu Rupiah. Juara harapan dua jua mendapatkan hadiah yang sama yaitu berupa potongan atau diskon apabila nantinya melanjutkan kuliah di Kampus UMB Jakarta dan uang tunai 500 ribu Rupiah.

Hadiah kejuaraan lomba PLC Competition di Kampus UMB Jakarta tersebut masing-masing diserahkan secara langsung kepada masing-masing peserta yang terpilih menjadi juara pemenang lomba oleh Dr. Mukti Ali, Direktur Marketing Kampus UMB Jakarta dan Dr. Setiyo Budianto, Staf Ahli Rektor UMB Jakarta yang juga sekaligus sebagai Ketua Program Studi Fakultas Teknik Kampus UMB Jakarta.

Lomba PLC Competition di Kampus UMB Jakarta tersebut diikuti puluhan perwakilan peserta dari 38 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Se-Indonesia. Acara perlombaan tersebut diselenggarakan sejak tanggal 27 hingga 29 Januari 2017.

Peserta lomba PLC Competition harus melewati tiga tahapan penilaian yang saling terkait atau saling berhubungan, kemudian ketiga penilaian tersebut diakumulasikan menjadi satu oleh dewan juri. Setelah melewati penilaian yang ketat, akhirnya dewan juri memutuskan memilih 5 pasangan yang berhak meduduki juara satu hingga juara harapan ketiga.

Sumber: cdp.khoirilanwar.com